PORTOFOLIO ANALISIS SWOT AGRO WISATA JOLLONG
PORTOFOLIO
ANALISIS
SWOT AGRO WISATA JOLLONG
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Bapak Muhadirin,
M.E
Oleh :
Titik Handayani NIM : 117120
KELAS/ SEMESTER : F/ VI
PRODI/JURUSAN : TARBIYAH/PAI
2020
AGRO WISATA JOLLONG
Agro Wisata Jollong dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX,
yang merupakan kawasan perkebunan kopi
yang dibangun pada masa penjajahan kolonial Belanda di Indonesia. Peninggalan
pemerintahan kolonial Belanda pada zaman penjajahan tersebut saat ini masih
dikelola dan tetap dilestarikan sebagai kekayaan nasional dalam bidang
pertanian dan perkebunan.
Kawasan ini menjadi sentra penghasil kopi di kabupaten Pati
sekaligus sebagai tempat pengolahan hasil perkebunan kopi. Pabrik pengolahan
kopi sendiri memiliki alat-alat pengolahan yang mayoritas sudah berumur, karena
keberadaan pabrik ini merupakan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda
berikut dengan mesin-mesin produksinya.
Masuk gerbang Agro wisata Jollong kita akan disambut oleh penjaga
yang ramah, dengan tarif masuk yang ramah di kantong, cocok untuk generasi milenial. Tak jauh dari
gerbang kita akan mendapati tugu wisata Jollong berupa ceret besar yang
menuangkan air ke gelas, diibaratkan kopi yang dituangkan ke dalam cangkir.
Area ini sangat cocok digunakan untuk swafoto (selfi), dengan latar belakang
kebun kopi yang kehijauan.
Perkebunan kopi ini berada pada ketinggian 570-790 meter dari
permukaan laut dengan suhu yang relatif rendah, yaitu 25 – 32 derajat Celcius.
Luas keseluruhan dari kawasan perkebunan ini kurang lebih 527 Ha yang terdiri
dari Perkebunan Kopi, Pabrik Pengolahan Kopi, dan Bumi Perkemahan. Kawasan ini
berada di desa Sitiluhur Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Dari pusat kota Pati
kurang lebih berjarak 20 KM.
.Agro wisata Jollong menyajikan objek wisata air terjun grenjengan,
taman bunga, rumah pohon yang ekstrensik, wahana outbond, flying fox, rumah
balon, kolam terapi ikan, kolam renang, kolam ikan dan lain- lain.
Rute untuk menuju Agro wisata Jollong adalah dari Jalan Tlogowungu
arah Gembong sekitar 5 km. Kemudian akan ada plang petunjuk arah ke Agro Wisata
Jolong, belok ke arah kiri mengikuti petunjuk. Setelah kurang lebih 5 km akan melewati
jalan berliku dan tak lama kemudian sampai ke tujuan.
ANALISIS SWOT
AGRO WISATA JOLLONG
Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis
untuk merumuskan strategi yang di harapkan dapat memecahkan suatu masalah. Analisis
ini di dasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan
peluang (opportunities), namun secara bersama dapat meminimalkan
kelemahan (weaknesses) dan tantangan (threats).
Analisis SWOT terdiri dari empat faktor yaitu:
1.
Kekuatan (Strengths)
Kekuatan
(strengths) merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek
atau konsep bisnis yang ada, kekutan yang di analisis merupakan faktor yang
terdapat dalam tubuh organisasi, proyek konsep bisnis itu sendiri, yaitu
kekuatan apa saja yang dimiliki Agro wisata Jollong, dengan mengetahui
kekuatan, Agro wisata Jollong dapat di kembangkan menjadi lebih tangguh hingga
mampu bertahan dan mampu bersaing untuk perkembangan selanjutnya yang
menyangkut wisata. Strengths (kekuatan) yang dimiliki oleh Agro wisata
Jollong diantaranya adalah:
a.
Agro wisata Jollong merupakan kawasan wisata alam pegunungan yang
indah dan masih alami, udara yang bersih dan belum terkena polusi.
Disekelilingnya terdapat hamparan perkebunan kopi yang menghijau layaknya
permadani.
b.
Agro wisata Jollong memiliki pemandangan yang indah untuk
dinikmati. disamping itu, latar pemandangan untuk berfoto di sekitar objek menjadi
daya tarik utama bagi para wisatawan untuk mengunjugi Agro wisata Jollong.
c.
Perkebunan dan pabrik kopi yang dibangun pada masa kolonial Belanda
dahulu dapat dijadikan ajang pengaplikasian pendidikan, mengenalkan kepada
generasi muda, bukti-bukti sejarah bangsa Indonesia.
d.
Agro wisata Jollong memiliki wilayah yang cukup luas, sehingga
memungkinkan untuk menambah wahana wisata seiring berjalannya waktu.
e.
Agro wisata Jollong menyajikan wahana yang bermacam- macam. Ada air
terjun grenjengan, taman bunga, kolam terapi ikan, rumah pohon yang ekstrensik,
wahana outbond, flying fox, rumah balon, kolam renang, kolam ikan dan lain-
lain. Setiap tahunnya selalu ada penambahan objek wisata sehingga membuat para
wisatan yang berkunjung semakin penasaran dan ingin berwisata kembali ke Agro
wisata Jollong.
2.
Kelemahan (Weakness)
Kelemahan (Weakness)
merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep
bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam
tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri, yaitu segala faktor
yang tidak menguntunkan atau merugikan bagi pengembangan Agro wisata Jollong. Kelemahan
(Weakness) bagi Agro wisata Jollong diantaranya adalah:
a.
Objek wisata Agro Jollong masih kurang pemeliharaan dari pengelola seperti
ketika ada pengunjung masih ada sampah yang berserakan, baik itu sampah plastik
bungkus makanan pengunjung ataupun sampah daun dari pohon- pohon di sekitar
tempat wisata.
b.
Akses jalan untuk menuju area Agro wisata Jollong masih ada jalan
yang sempit dan terjal. Sehingga, akan
cukup menyulitkan jika dua mobil bertemu secara berlawanan arah. Disamping itu
Agro wisata Jollong terletak didaerah pegunungan dengan kondisi jalan yang
naik, turun, terjal dan berliku membuat pengunjung menjadi enggan untuk
berkunjung ke Agro wisata Jollong terlebih ketika musim penghujan tiba.
c.
Kawasan wisata Agro Jollong ini masih kurang promosi sehingga
kawasan ini tidak begitu banyak di minati pengunjung, kebanyakan wisatawan yang
berkunjung hanya dari beberapa kota saja diantaranya dari kota Pati sendiri,
kota Kudus dan kota Juwana.
d.
Agro wisata Jollong tidak selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.
Agro wisata Jollong hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan pada waktu-waktu tertentu
saja misalnya pada hari minggu, pada waktu liburan sekolah, liburan tahun baru,
liburan hari raya dan pada hari libur lainnya.
3.
Peluang (Opportunity)
Peluang (Opportunity)
merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi, kondisi yang
tejadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu
sendiri misalnya kompetitor dan kebijakan. Peluang (Opportinity) dengan
adanya Agro wisata jollong adalah:
a.
Menciptakan lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat sekitar.
Dalam pengembangan Agro wisata jollong tentunya sangat membutuhkan banyak
tenaga baik itu tenaga sebagai karyawan maupun tenaga arsitek dan tenaga
bangunan untuk mengembangkan Agro wisata Jollong supaya semakin ramai
dikunjungi oleh wisatawan.
b.
Menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat seperti
berjualan berupa makanan ataupun minuman di sekitar kawasan Agro wisata Jollong
yang telah disediakan tempat oleh pihak Agro sendiri.
c.
Bagi masyarakat yang bertempat tinggal di sepanjang jalan menuju
lokasi Agro wisata Jollong, jika mereka menginginkan maka mereka dapat
melakukan aktivitas wiraswasta dengan menjual barang- barang yang menjadi ciri
khas daerah Jollong, seperti kopi, buah naga, buah jeruk pamelo, buah pisang,
dan tape ketela.
d.
Masyarakat yang rumahnya dekat dengan Agro wisata Jollong mereka
mempunyai peluang untuk menyediakan tempat tinggal sementara (penginapan) untuk
wisatawan yang ingin menginap dan menyediakan pelayanan yang berhubungan dengan
hal itu, seperti menyediakan makanan, minuman, tempat ibadah dan kamar mandi
atau toilet.
4.
Tantangan (Threats)
Tantangan (Threats) merupakan kondisi yang mengancam dari
luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu
sendiri. Tantangan (Threats) bagi Agro wisata Jollong diantaranya adalah:
a.
Peristiwa alam yang menjadi ancaman bagi kawasan objek wisata Agro
Jollong yaitu musim hujan yang membuat akses jalan semakin buruk dan longsor.
Karena Agro wisata Jollong ini berada di daerah pegunungan sehingga bila datang
musim hujan tentu akan membuat akses jalan menuju kawasan wisata tersebut
semakin buruk.
b.
Banyaknya wisata yang ada di kota Pati, terutama wisata yang
wilayahnya dekat dengan Agro wisata Jollong menjadi ancaman bagi Agro wisata
Jollong. Wisata- wisata tersebut diantaranya adalah Agro wisata Jollong II,
hutan pinus gunung sari, wisata sendang sani, waduk seloromo dan waduk gunung
rowo. Keberadaan wisata- wisata tersebut menjadikan persaingan yang semakin
ketat diantara usaha wisata yang ada di kabupaten Pati.
c.
Adanya wabah penyakit atau pandemi seperti yang terjadi saat ini
(covid 19) juga menjadi tantangan untuk Agro wisata Jollong. Adanya pandemi
seperti sekarang ini menyebabkan Agro wisata Jollong ditutup.
KUESIONER
Nama :
Alamat :
Jenis Kelamin :
Umur :
Pendidikan :
Pekerjaan :
Petunjuk pengisian angket:
Berilah tanda check list ( √
) pada kolom yang bapak/ ibu/ sdr/i pilih dibawah ini sesuai keadaan
yang sebenarnya yang sesuai dengan alternatif jawaban sebagai berikut:
1.
Sangat Setuju (SS)
2.
Setuju (S)
3.
Netral (N)
4.
Tidak Setuju (TS)
5.
Sangat Tidak Setuju (STS)
Daftar Pernyataan
|
Alternatif
Jawaban
|
||||
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
|
Indikator: Pelayanan
|
|||||
1.
Pemandu
wisata yang ada di Agro wisata Jollong ramah dengan pengunjung
|
|
|
|
|
|
2.
Penjaga
pada masing- masing wahana mayoritas bersikap sopan dengan pengunjung
|
|
|
|
|
|
3.
Petugas
pos penjagaan selalu siaga terhadap pengaduan pengunjung
|
|
|
|
|
|
Indikator: Harga
|
|||||
1.
Harga
tiket masuk Agro wisata Jollong ramah dikantong
|
|
|
|
|
|
2.
Harga
makanan dan minuman yang dijual di Agro wisata Jollong tergolong standar
|
|
|
|
|
|
3.
Harga
souvenir yang di jual di Agro wisata Jollong relatif murah
|
|
|
|
|
|
Indikator: SDM
|
|||||
1.
Pegawai
yang ada di Agro wisata Jollong minimal berpendidikan SMA
|
|
|
|
|
|
2.
Pegawai
Agro wisata Jollong memiliki kompetensi sesuai bidangnya masing- masing
|
|
|
|
|
|
3.
Agro
wisata Jollong memiliki tim kreatif yang berperan untuk pengembangan Agro
wisata Jollong.
|
|
|
|
|
|
Indikator Fasilitas
|
|||||
1.
Agro
wisata Jollong memiliki tempat ibadah dan toilet / kamar mandi yang mamadai
bagi pengunjung
|
|
|
|
|
|
2.
Agro
wisata jollong memiliki tempat parkir yang luas
|
|
|
|
|
|
3.
Wahana
yang ada di Agro wisata Jollong cocok digunakan untuk berswafoto (selfi)
|
|
|
|
|
|
Jumlah (total) keseluruhan alternatif jawaban
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Sangat Setuju (SS) skor 5
2.
Setuju (S) skor 4
3.
Netral (N) skor 3
4.
Tidak Setuju (TS) skor
2
5.
Sangat Tidak Setuju (STS) skor 1
TABEL PEROLEHAN NILAI ANGKET
NO
|
NAMA RESPONDEN
|
Pelayanan
|
Harga
|
SDM
|
Fasilitas
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Muh. Anam
|
3
|
4
|
4
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
5
|
5
|
2
|
Dewi Zulaikha
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
5
|
5
|
3
|
Linda Amalia
|
3
|
4
|
3
|
5
|
2
|
2
|
3
|
3
|
2
|
1
|
4
|
4
|
4
|
Firman S
|
3
|
3
|
4
|
5
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
1
|
4
|
5
|
5
|
Muh. Usman
|
4
|
4
|
3
|
4
|
1
|
2
|
2
|
3
|
3
|
2
|
4
|
4
|
6
|
Wayuningrum
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
4
|
4
|
7
|
Siti Kalimah
|
4
|
4
|
3
|
5
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
1
|
4
|
5
|
8
|
Muh. Ngatno
|
3
|
3
|
2
|
5
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
5
|
5
|
9
|
Siti Umaeroh
|
3
|
2
|
2
|
5
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
1
|
5
|
4
|
10
|
Lilik
Fitriani
|
2
|
4
|
3
|
4
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
1
|
4
|
5
|
11
|
Nur Said
|
3
|
2
|
3
|
5
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
1
|
5
|
5
|
12
|
Muh. Imron
|
3
|
4
|
4
|
5
|
2
|
2
|
3
|
4
|
4
|
2
|
5
|
4
|
13
|
Siti Amini
|
3
|
4
|
3
|
5
|
3
|
2
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
14
|
Muh. Suyuthi
|
3
|
4
|
4
|
5
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
1
|
4
|
4
|
15
|
Arif Anwar
|
4
|
4
|
4
|
5
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
2
|
4
|
5
|
16
|
Yongki
Rudianto
|
3
|
4
|
3
|
5
|
2
|
3
|
4
|
4
|
3
|
1
|
5
|
4
|
17
|
Eka Silfiani
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
18
|
Miftahuddin
|
4
|
4
|
3
|
5
|
2
|
2
|
4
|
4
|
3
|
1
|
5
|
5
|
19
|
Zaenuddin
|
4
|
4
|
3
|
5
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
20
|
Siti Romlah
|
4
|
4
|
3
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
1
|
4
|
4
|
21
|
Shodiqin
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
2
|
5
|
5
|
22
|
Mar’atul
Azizah
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
5
|
4
|
23
|
Azam Maulana
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
2
|
5
|
5
|
24
|
Ilya
Misbahudin
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
2
|
5
|
5
|
25
|
Maulana Rifki
|
4
|
4
|
4
|
5
|
2
|
3
|
3
|
4
|
4
|
2
|
5
|
5
|
26
|
Nur Hayati
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
27
|
Hafiyatun N.
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
2
|
5
|
5
|
28
|
Dina Fauziyah
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
2
|
5
|
5
|
29
|
Mufti Umam
|
4
|
3
|
3
|
5
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
5
|
4
|
30
|
Abdul Rohim
|
5
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
5
|
5
|
JUMLAH
|
109
|
113
|
105
|
143
|
83
|
88
|
98
|
100
|
98
|
51
|
137
|
136
|
TABEL RATA- RATA PER INDIKATOR
Indikator
|
1
|
2
|
3
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
Pelayanan
|
109
|
113
|
105
|
327
|
109
|
Harga
|
143
|
83
|
88
|
314
|
105
|
SDM
|
98
|
100
|
98
|
296
|
99
|
Fasilitas
|
51
|
137
|
136
|
324
|
108
|
Keterangan:
Kategori sangat baik = 121-150
Kategori baik = 91-120
Kategori sedang = 61-90
Kategori kurang baik = 31-60
Kategori tidak baik = ≤ 30
KESIMPULAN
Berdasarkan
tabel perolehan nilai angket dan tabel rata- rata perindikator dapat
disimpulkan bahwa:
1.
Pelayanan di Agro wisata Jollong dalam kategori baik dengan nilai
109 yang berada dalam interval antara 91- 120. Pemandu wisata, para penjaga
yang ada pada masing- masing wahana dan petugas pos penjagaan rata- rata
bersikap sopan dan ramah terhadap pengunjung. Hal tersebut perlu dipertahankan
untuk pengembangan Agro wisata Jollong pada masa yang akan datang.
2.
Agro wisata Jollong memberikan harga yang standar dan relatif murah.
Harga tersebut dalam kategori baik dengan nilai 105 yang berada dalam interval
antara 91- 120. Harga tiket masuk sudah
ekonomis dan perlu dipertahankan, namun untuk harga makanan dan mimuman juga
harga souvenir perlu diperbaiki. Perbaikan tersebut dapat dilakukan dengan
membuat peraturan bagi penjual untuk menyeragamkan harga pada seluruh penjual
yang ada di Agro wisata Jollong.
3.
SDM yang ada di Agro wisata Jollong dalam kategori baik dengan
nilai 99 yang berada dalam interval antara 91- 120. Agro wisata Jollong
memiliki SDM yang kompeten dalam bidangnya masing- masing. Pegawai yang ada di
Agro wisata Jollong minimal berpendidikan SMA. Agro wisata tersebut juga
mempunyai tim kreatif yang berperan untuk pengembangan Agro wisata Jollong. SDM
yang kompeten tersebut perlu dipertahankan demi kesuksesan pengembangan Agro
wisata Jollong.
4.
Fasilitas yang ada di agro wisata Jollong termasuk dalam kategori
yang baik yaitu dengan nilai 108 yang berada dalam interval antara 91- 120.
Fasilitas seperti tempat parkir dan wahana untuk berfoto harus dipertahankan,
namun untuk fasilitas tempat sholat dan toilet perlu dibenahi, mengingat kedua
tempat tersebut sangat dibutuhkan untuk pengunjung. Sebaiknya Agro wisata
Jollong menambah lagi tempat sholat dan toilet demi kenyamanan pengunjung.
DOKUMEN KUESIONER
Comments
Post a Comment